Ayah saya yang pandai

Ia adalah satu-satunya bisnis yang saya tahu gagal memberikan apa yang diinginkan para pelanggannya dan kemudian menyalahkan mereka atas kegagalannya. Daripada mengatakan kami sebagai sebuah sistem membosankan, mereka mengatakan, ”Anak anda mempunyai kelemahan belajar.” Mereka cenderung mengatakan itu ketimbang mengatakan, ”Kami sebagai sistem mempunyai kelemahan mengajar.” Seperti saya katakan, itu adalah satu-satunya bisnis yang menyalahkan para pelanggan atas kegagalannya sendiri.

Bertahun-tahun yang lalu ayah kandung saya menyadari bahwa itu adalah sebuah sistem yang mempunyai berbagai cacat yang luar biasa di dalamnya. Dia menjadi sangat terusik ketika menemukan bahwa sistem pendidikan yang digunakan oleh kebanyakan negara berbahasa Inggris adalah sistem pendidikan yang asalnya dari Prussia ratusan tahun yang lalu.

Dia menjadi sangat terganggu begitu dia menyadari bahwa dia adalah bagian dari sebuah sistem yang tidak didesain untuk mendidik anak-anak, tetapi untuk menciptakan tentara dan karyawan yang baik. Suatu hari, dia berkata pada saya, ”Kenapa kita mempunyai jam digital masjid kata-kata seperti ‘Kindergarten’ (taman kanak-kanak) dalam sistem sekolah kita adalah karena sistem kita berasal dari Prussia beberapa ratus tahun yang lalu. Kinder adalah kata Prussia yang berarti 'anak-anak', dan garten berarti 'taman'. Dengan kata lain, taman anak-anak bagi negara untuk mendidik, atau “mengindoktrinasi'. Itu adalah sebuah sistem yang didesain untuk mengambil tanggung jawab pendidikan dari orangtua dan mendidik anak-anak yang akan sangat baik dalam melayani keinginan dan kebutuhan negara.”

Dari Mana Kata Elementary Berasal

Ayah saya yang pandai juga mengatakan, ”Kenapa tahun-tahun awal Sekolah disebut 'elementary' (dasar) adalah karena kami sebagai pendidik mengeluarkan pelajaran yang diminati dari pembelajaran dan memecahnya ke dalam elemen-elemen. Bila anda mengeluarkan pelajaran yang diminati dari proses pembelajaran, pendidikan menjadi membosankan.”

Dia terus menjelaskan, ”Misalnya, jika seorang anak tertarik pada rumah, lantas pelajaran tentang rumah diganti dari dipecah ke dalam elemen-elemen, seperti matematika, ilmu pengetahuan, menulis, dan seni. Jadi para murid yang berhasil baik di sekolah adalah para murid yang tertarik pada matematika sebagai mata pelajaran, atau menulis, atau ilmu pengetahuan. Tetapi Para murid yang tertarik pada mata pelajaran yang lebih besar, dalam kasus ini mata pelajaran tentang rumah, sering kali menjadi bosan Mata pelajaran yang diminatinya sudah digantikan, dan yang dipelajari hanyalah elemen-elemen yang menyusun mata pelajaran itu. Dari situlah istilah elementary schooI/education (sekolah/pendidikan dasar) berasal, dan itu sebabnya begitu banyak murid merasa sekolah itu membosankan. Mata pelajaran yang diminati sudah digantikan.”

Saya pikir itulah yang menjadi beberapa jam digital masjid alasan bertambahnya jumlah home schooling dan sekolah swasta. Mereka mengambil kembali kekuatan pendidikan dari negara dan memberikan kekuatan pendidikan itu kepada orangtua dan anak.

Dari Samurai ke Dokter ke Guru

Keluarga dari pihak ayah saya adalah kelas pejuang, atau kelas samurai, selama sistem feodal di Jepang. Tetapi sesudah perdagangan dengan dunia Barat dibuka oleh Komodor Perry, sistem feodal mulai terkikis. Keluarga dari pihak ayah saya mulai melepaskan cara-cara samurai dan sebagai gantinya mereka menjadi dokter medis.