Menjadi pewarta bagi cara baru

”Jadi dia memberi tahu setiap orang lain untuk melakukan apia yang telah dia lakukan,” kata Kim. ”Sekalipun hal itu sudah tidak berhasil lagi.”

”Saya pikir dia mengatakan hal itu karena hanya itulah yang dia tahu tentang apa yang telah berhasil baginya. Dia belum mcmba’ yangkan apa yang tidak berhasil.”

”Pada saat dia memahami hal itu, dia akan memberi tahu setiap orang apa yang sungguh-sungguh telah dia lakukan,” kata Kim. ”Dia mungkin menjadi pewarta bagi cara baru untuk melakukan sesuatu. Ketika dia menemukannya, dia akan berteriak-teriak, Saya menemukan caranya! Saya menemukan caranya!” Bila itu belum terjadi, dia akan terus berkotbah tentang jam digital masjid cara lama itu sampai akhirnya dia menemukan formula kemenangan yang baru untuk hidupnya.”

”Jika dia menemukannya,” tukas saya. ”Ketika kamu lulus dari sekolah, tidak seorang pun memberimu peta menuju sukses. Begitu jalan itu hilang, kebanyakan dari kita berputar-putar dalam hutan belantara, berharap untuk menemukan jalan itu lagi. Sebagian menemukannya lagi, dan sebagian tidak. Bila kamu tidak menemukan jalan baru, kamu sering kali duduk dan memikirkan jalan lama. Itulah kenyataan hidup.”

Jagoan-jagoan SMU

Di depan saya sudah menceritakan Al Bundy, karakter dalam komedi televisi Married with Children. Al Bundy adalah karakterisasi komik yang tragis dari seseorang yang merupakan jagoan di SMU tetapi tidak mengubah formulanya. Dalam pertunjukan itu, Al berdiri di toko sepatunya sambil mengenang hari ketika dia berhasil mencetak gol dan memenangkan jam digital masjid pertandingan untuk sekolahnya.

Suatu hari kita semua mungkin menjadi seperti Al Bundy, duduk di kursi goyang kita, memikirkan masa lalu ketika hidup begitu luar biasa. Tetapi masalah muncul bila anda tidak siap menengok ke belakangdan anda masih ingin mencapai sesuatu yang lebih dengan hidup anda. Masalah muncul bila anda hidup dalam saat ini sambil berusaha menangkap kembali kegembiraan masa lalu. Orang yang tidak dapat berhenti ketika dia seharusnya berhenti sering kali seperti petinju yang memasuki arena pertandingan dan mendapat pukulan telak dari lawan yang lebih muda. Mereka beradu dengan formula kemenangan yang lama, karena dengan itu petinju lama dapat mengalami kembali (dalam imajinasi) kenangan akan hari-hari yang sudah berlalu.

Banyak orang mungkin berhasil baik di sekolah atau dalam pekerjaan mereka yang terakhir, namun sesuatu tidak lagi berhasil bagi mereka. Reuni SMU adalah tempat yang baik untuk melihat bintang sepak bola yang tidak pernah maju lebih jauh atau juara kelas yang tetap begitu saja. Anda bertemu mereka lagi setelah sepuluh, dua puluh. atau tiga puluh tahun, dan anda tahu keajaiban itu telah hilang. Bagi mereka. jika mereka tidak bahagia.

mungkin sudah timnya untuk mengubah formula kemenangan profesional yang lama dan mengakui bahwa mereka perlu mengubah formula kemenangan belajar mereka yang lama. Dan sekarang ini sangatlah penting membuat anak anda mengetahui bahwa perubahan adalah bagian dari mam depan mereka. Dalam kenyataan, barangkali penting untuk membuat anak anda tahu bahwa kemampuan mereka untuk berubah dan belajar dengan cepat mungkin lebih penting daripada apa yang mereka pelajari di sekolah sekarang.