Konseptualisasi pedagang

Alexander33 mengajukan pendekatan komprehensif dalam memahamı pasar barang dagangan di Jawa Tengah berdasarkan pada konseptualisasi dagang, pedagang dan perdaganga Konseptualisasi dagang meperlakukan pasar sebagai suatu tukar-menukar dan sirkulasi barang dagangan serta penyeba pasar barang dagangan secara geografis

Konseptualisasi pedagang memperlakukan Pabrik kain batik pasar sebagai pertalikan di antara mereka kedalam jaringan perdagangan yang rumit Konseptualisasi perdagangan memperlakukan pasar sebagai suatu aliran informasi yang terstruktur secara budaya Lebih lanjut Alexander pedagang pribumi Jawa tenh berhasil memanfaatkan kompleksitas jaringan perdagangan sebagai saluran mobilitas vertikal keatas menjadi pengusaha, akan tetapi tidak mampu mengadakan akumulasi kapital Tesis Alexander menyatakan pengusaha pribumi tidak mampu mengadakan akumulasi kapital memiliki kelemahan.

Sebagaimana dalam kajian White M tentang kaitan (linkages) di dalam sektor agroindustri telah menumbuhkan differensiasi strategi ekonomi, yaitu survival, konsolidası kapital dan akumulasi kapital. Strategi ekonomi survival terjadı bila alokasi pendapatan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau bertahan hidup Strategi konsolidası kapital terjadı jıka alokasi pendapatan digunakan untuk konsumsi dan untuk investasi pada sektor yang sama sebagai sumber security atau sumber penghasilan yang lebih kontinu Strategı akumulasi terjadi bila alokasi pendapatan digunakan untuk konsumsi dan investasi ke sektor lain.

  1. Kompleksitas laringan Sosial Ekonomi Model keterkaitan linkages) antar sektor dan di dalam suatu sektor digunakan untuk menjelaskan proses industrialisasi Model keterkaitan di dalam sektor melalui keterkaitan keruangan antar daerah menurut kajian Ranis. Steward dan Reyes 8 terbentuk karena ada kerja sama dalam hubungan antara perusahaan di suatu tempat dengan perusahaan tempat lain Perkembangan kerja sama dalam hubungan keruangan antar daerah temebut akan merangsang industrialisasi di sektor jasa (dagang).

Demikian juga studi Watanabe* mengungkapkan keter di dalam suatu sektor antara industri besar dengan industri kevi Watanabe mengkaji jaringan hubungan sub kontrak spesial, yai ubungan antata pihak prinsipal industri besar dengan pihak kontraktor industri kecil. pihak prinsipal mengembangkan su kontrak dengan alasan pihak sub kontrak memiliki keahlian khusus yang sama. Dalam jaringan sub kontrak spesialisasi terind transfer manajemen, teknologi dan modal dari industri besar Le industri kecil.

Menurut Watanabe dinamika jaringan sub kontrai spesialisasi menumbuhkan industrialisasi di sektor barang lepang Proses pabrik kain batik industrialisasi di Eropa Barat berlangsung melal kapitalisme perdagangan menuju kapitalisme industri. Proses industrialisasi tersebut menumbuhkan jaringan perdagangan semakin panjang dan beragam. Braudel mengungkapkan pes. kembangan mode produksi industri umax, dispersed factung dan pabrikan di abad 16-17 merupakan periode kapitalisme perdagangan.

Lebth lanjut periode hapitalisme industri ditandai dengan munculnya mode produksi manufaktur atau disebut dengan istilah oapitalist moude of production Sistems ini hazmpir sama dengan mode produksi pabrikan, tetapl berbeda dalam tingkat teknologi yang digunakan. Dalam bentuk pabrikan, rangkaian pekerjaan diselesaikan oleh pekerja secara manual.

Tetapi dalam mode produksi manufaktur, rangkaian pekerjaan dominan diselesaikan oleh mesin untuk menghasilkan produk massal. Lebih lanjut Braudel mengungkapkan tatanan ekonomi dalam periode kapitalisme perdagangan bersifat regional, tetapi tatanan ekonomi dalam periode kapitalisme industri bersilfat internasional. Pada masa peralihan dari periode kapitaliusme perdagangan menuju periode kapitalisme industri ditandai engan berkembangnya berbagai macam lembaga-lembaga ekonomi yang berhubungan dengan pertukaran barang dan jasa berharga di pasar internasional. Perkembangan lembaga-lembaga ekonomi seperti bank, agen eksportir, buyer, stok market, pedagang distributor, toko, pedagang eceran meningkatkan jaringan https://id.wikipedia.org/wiki/Batik_Madura