Pasangan Dedi dan Maya misalnya, sudah menikah

Pasangan Dedi dan Maya misalnya, sudah menikah lima tahun lebih dan menurut pemeriksaan dokter mereka sehat. Fisik mereka sehat, bahkan sperma Dedi sangat gesit demikian juga dcngan sel telur Maya, tidak ada gangguan dan schat sepcni wanila lainnya yang bisa punya keturunan. Tetapi sampai saat ini pasangan suami istri ini belum juga diberikan keturunan.

Pasangan scpcni Dedi dan Maya belakangan ini sangat banyak kila dcngar Di negara majupun hal seperti ini banyak ditcmukan Menurut sebuah penelitian di Amerika. Serikat scbanyak 14% dari pasangan usia subur yang dinyatakan sehat olch dokter sulit obat penyubur kandungan memperoleh keturunan.

Selain dari ketiga penycbab ini

Pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan bclum punya keturunan dapat menimbulkan berbagai masalah. Biasanya pihak wanita selalu disalahkan. Wanita yang sclalu dianggap tidak subur, atau tidak bisa mcmbexikan keturunan kepada suami. Bahkan ada suami yang akhimya menceraikan istrinya, padahal mereka belum memeriksa diri ke dokter, siapa yang sebenarnya tidak schat.

Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga tentu menjadi kebahagiaan setiap pasangan. Tanpa tangis dan tawa anak, terasa kurang lengkap dalam kehidupan keluarga. Namun pada kenyataan tidak semua suami dan istri dikaruniai anak. Salah satu penyebabnya adalah kesuburan. Memang secara fisik tidak membahayakan bagi setiap pasangan, akan obat penyubur kandungan tetapi secara psikis masalah ini sangat berpengaruh terhadap kejiwaan seseorang. Bukan hanya itu, tuntutan orang tua, mertua, keluarga, teman dan lingkungan, sering membuat pasangan jadi tertekam khususnya si istri.

Bahkan ada yang sampai tidak percaya diri lagi.

Bukan hanya istri yang selalu mandul, tetapi suamipun bisa mandul. Di bawah ini disajikan beberapa hal yang menyebabkan suami tidak punya keturunan:

a. Adanya kelainan pada daerah pre testicular (daerah sebelum testis atau kantong Sperma). Di daerah ini yang mengalami kelainan adalah kelenjar hormon pituitary. Tugas kelenjar hormon tersebut adalah untuk merangsang pembentukan sperma. Bila kelenjar yang merangsang pembentukan hormon LH (Luteinising hormone) dan FSH (Follicle Stimulating hormon) di testis terganggu akibatnya pembentukan sperma terhambat.

Jika suami mengalami penyakit seperti ini sebaiknya jangan langsung menganggap dunia telah kiamat. Penyakit seperti ini masih bisa disembuhkan. Orang yang mengalami penyakit seperti ini harus melakukan terapi hormon, dengan caIa menyuntikkan hormon tertentu kepada penderita .

Suhu panas juga dapat mengganggu

b. Adanya kelainan di daerah testicular (kelainan pada daerah testis). Kelainan seperti ini biasanya disebabkan oleh:

-Trauma pukulan
-Gangguan fisik
-Disebabkan infeksi
-Bisa juga akibat selama pubertas testis tidak berkembang dengan baik, akibatnya produksi Sperma terganggu.

c. Adanya kelainan di daerah post testicular (daerah setelah testis). Kelainan terjadi pada saluran Sperma, akibatnya sperma yang akan disalurkan tidak berjalan lancar. Timbulnya gangguan seperti ini akibat kebuntuan saluran. Kelainan ini timbul bisa disebabkan:

misalnya tuberkulosis dan vasektomi

Dibawa sejak lahir Terkena infeksi penyakit, misalnya tuberkulosis dan vasektomi yang memang disengaja.

Selain dari ketiga penycbab ini, masih banyak penyebab lain yang belum bisa dideteksi penyebabnya. Tetapi, jelas yang paling banyak penyebabnya adalah akibat pelebaran pembuluh darah atau yang lebih dikenal sebagai varises. Varises menyebabkan darah kotor yan g sehamsnya dibawa ke atas untuk dibersihkan, akhimya turun lagi dan mengendap di testis. Darah kotor tersebut mengandung zat-zat yang dapat mclemahkan sperma, seperti adrenalin dan scbagainya.

Suhu panas juga dapat mengganggu sehingga melemahkan sperma dan menurunkan produksinya. Biasanya Sperma diproduksi dalam suhu 34-35% celsius, dan jika suhu terus menerus naik muka Sperma dapat terganggu.