Pasangan Sehat Tetapi Sulit Mendapat Anak

Yang menarik dibahas di sini adalah mengapa pasangan sehat sulit mendapat anak? Pasangan sehat yang sulit punya anak digolongkan ke dalam “Ketidaksuburan yang tidak diketahui penyebabnya ( Unexplained Infertility)."

Sam ini ketidaksuburan yang tidak diketahui obat penyubur kandungan penyebabnya, di dunia telah mencapai 25%. Tctapi dengun berkembangnya penelitian-penelilian mcngenai imunologi reproduksi. diketahui bahwa diseluruh dunia 5% sampai 15% ketidaksuburan yang tidak diketahui penyebabnya diakibatkan permasalahan imunologis atau lebih dikenal dengan kekebalan tubuh.

Semakin hari, ilmu kedokteran semakin canggih dan sekarang mulai terkuak sebab-sebab terjadinya ketidaksuburan yang tidak diketahui penyebabnya.

Beberapa penyebabnya adalah:

  1. Akibat adanya antibodi atau imunologi reproduksi hal ini bisa terjadi pada istri yang alergi terhadap sperma suami, akibatnya sel telur menolak Sperma suami dan pembuahanpun tidak pemah terjadi.
  2. Adanya antibodi yang dihasilkan tubuh suami, akibatnya sperma yang dihasilkan dihancurkan atau dilemahkan sendiri karena dianggap benda asing.
  3. Selain imunologis, penyebab ketidaksuburan yang tidak diketahui penyebabnya, bisa juga disebabkan faktor genetik. Gangguan gen pada kromosom Y dapat mengakibatkan pembentukan Sperma terganggu. Kromosom Y dapat mengalami delesi (lengan panjang), sehingga spelma menjadi sedikit atau oligospermi (Sperma jumlahnya kurang dari 20 juta sperma/ml atau bisa menjadi tidak ada atau azoospermi.
  4. Adanya gangguan gen porin yaitu gen yang mengatur penyaluran energi bempa ATP (Adenosin Tri Phosphate), mengakibatkan spelma tidak bisa bergerak gesit dan mengalami kesulitan untuk membuahi sel telu5. Kelainan pada gen juga dapat menyebabkan penyumbatan saluran Sperma dan mengakibatkan terjadinya kista.

Di dalam tubuh istri

Di dalam tubuh istri, sistem obat penyubur kandungan kekebalan sangat berperan umtuk menjaga janin. Dengan adanya sistem kekebalan, pertumbuhan janin dapat berlangsung dengan baik dan kebal dari berbagai infeksi. Tetapi yang penting diketahui di sini bukan sistem kekebalan tadi, tetapi adanya antibodi antisperma pada istri. Antibodi antisperma ini sangat berbahaya bagi pasangan suami istri, dan hasil hubungan suami istri tidak akan terjadi pembuahan dan akan selalu mengalami kegagalan.

Perempuan memang tidak memiliki unsur antigen seperli halnya pada sperma atau komponen plasma semen. Tetapi saat islri melakukan hubungan suami istri dalam tubuhnya akan terbentuk antibodi antisperma terhadap antigen Sperma. Pada tingkat tertentu antibodi masih dapat ditembus oleh spelma yang kualitasnya bagus dan akan dapat melakukan pembuahan atau kehamilan.

Ketidakmampuan pembuahan dapat pula disebabkan ketidak cocokan secara sekuler antara spenna dan sel telur. Untuk itu harus dilakukan upaya untuk mencocokkan agar tidak terjadi penolakan.

Ketidakmampuan pembuahan

Untuk mengatasi adanya antibodi terhadap Sperma dapat dilakukan beberapa terapi antara lain: terapi kondom. memberikan obat-obatan imunologis sejenis kortikosteroid sena terapi imunosupresif atau menekan reaksi imun.

Dalam terapi kondom, suami dianjurkan memakai kondom saat melakukan hubungan suami istri selama tigil sampai enam bulan. Selama tiga sampai enam bulan tersebut diharapkan antibodi di dalam tubuh istri menumn dan tidak lagi terdapat pada organ jasa seo semarang reproduksi. Setelah itU baru pasangan suami istri dapat melakukan hubungan suami istri dan diharapkan pembuahan dapat terjadi.

Jika terapi kondom dan pemberian obat-obatan tidak dapat membuahkan hasil, maka cara inseminasi dapat dilakukan. Cara ini biasanya dilakukan pada suami yang tidak subur karena adanya gangguan pada testis. Biasanya testis suami hanya dapat memproduksi Sperma sedikit, atau mungkin juga akibat adanya gangguan genetik.