Air bukan hanya dibutuhkan oleh tubuh

Jika takaran air dalam tubuh dapat dipertahankan maka tubuh akan tetap sehat dan bugar, dan sebaliknya jika takaran air dalam tubuh menurun, maka fungsi organ tubuh akan mudah terserang bakteri dan akibatnya tubuh akan mudah terseran g penyakit.

Setiap hari manusia selalu berhubungan dengan yang satu ini. Air, itu namanya. Temyata air bukan hanya sebagai pengusir haus saja, akan tetapi air sangat banyak khasiatnya. Pakar kesehatan dan kebugaran menganjurkan mandi dua kali sehari dan cuci rambut paling telat tiga hari sekali. Dengan sentuhan air bersih pada tubuh, membuat badan terasa obat penyubur kandungan segar dan bugar seperti sediakala. Minum air pun dianjurkan antara 8 sampai 10 gelas per hari sehingga tubuh sehat dan cantik.

Benua Eropa sejak abad XVII

Air bukan hanya dibutuhkan oleh tubuh, pemeluk agamapun mempergunakan air untuk keperluan beribadah. Misalnya air dipergunakan untuk air wudhu, air baptis, bahkan di agama lain pun air dibuat untuk mengusir roh jahat.

Terapi air telah berkemban g di Benua Eropa sej ak abad XVII, mereka mempergunakan air untuk kesehatan, kebugaran dan kecantikan. Sama halnya di Kesultanan Yogjakarta, terapi air telah dipergunakan dan ini masih terlihat peninggalan di pemandian Taman Sari tempat para putri Keraton mandi, membersihkan diri, agar terlihat lebih cantik. Sedangkan Bangsa Romawi telah mengenal khasiat air ratusan tahun sebelum masehi, baik itu mandi susu dan mandi di kolam bersih yang dilengkapi bahan wewangian agar tubuh bersih, sehat dan wangi.

Di Inggris sebuah lembaga peneliti trombosit berpendapat, jika seseorang selalu mandi dengan menggunakan air dingin, maka peredaran darahnya akan membaik dan akibatnya tubuh akan sehat dan bugar. Bukan hanya itu, mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan akan meningkatkan kemampuan seseorang terhadap virus yang menyerang.

Di Inggris sebuah lembaga peneliti

Beberapa pendapat menyatakan, bahwa mandi dengan air dingin pada pagi hari akan meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Dengan demikian kesuburan dan gairah seksual akan lebih meningkat dari biasanya.

Di samping untuk kesuburan, air juga dapat berfungsi untuk:

  1. Memperbaiki jaringan kulit
  2. Kuku lebih sehat dan kuat sehingga tidak mudah rusak
  3. Menyembuhkan penyakit jantung
  4. Menyembuhkan rematik
  5. Menyembuhkan saluran pemapasan
  6. Menyembuhkan usus
  7. Menyembuhkan penyakit kewanitaan
  8. Dan lain-lain

Di negara maju terapi air sangat

Di negara maju terapi air sangat dianjurkan. Di Jerman misalnya, dua pakar kesehatan, Vincenz Priesnitz dan Pastor Sebastian Kneipp, memanfaatkan air panas dan dingin untuk terapi bcrbagai penyakit. Si pasien diperintahkan berendam. Mula-mula dimasukkan ke dalam air hangat agar berkeringat, lalu dipindahkan ke air dingin, kemudian disuruh berjalan hingga berkeringat, dan terakhir si pasien dimasukkan kembali ke dalam air dingin. Rahasia obat penyubur kandungan dari pengobatan ini adalah pertukaran suhu dari panas ke dingin dan dari dingin ke panas dan seterusnya, sehingga dapat menstabilkan kerja jantung dan peredaran darah. Dengan demikian beberapa penyakit dapat disembuhkan.

Beberapa kalangan menganggap terapi seperti ini telah banyak dilakukan para ahli terapi alternatif di Indonesia, dengan cara mandi ke air hangat, kemudian berendam air dingin dengan suhu 18 derajat celsius. Cara ini, selain menyembuhkan beberapa penyakit, juga dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.