Makanan Untuk Kesuburan Janin

Salah satu faktor yan g ikut berperan untuk pasangan yang sulit mempunyai keturunan adalah faktor makanan. Empat kelompok makanan di bawah ini penting diketahui oleh pasangan yang sulit mendapatkan keturunan, karena ke empat kelompok ini ikut mempengaruhi kesuburan pasangan suami istri.
Keempat kelompok itu adalah:

A. Daging dan Alternatifnya
a. Daging
b. Unggas
c. Ikan
d. Telur
e. Kacang-kacangan seperti biji bunga matahari dan labu.
B. Buah dan Sayuran

Makanan Untuk Kesuburan Janin

Dianjurkan yang masih mentah. Dianjurkan jasa seo semarang mengkonsumsi buah dan sayuran yang masih segar dari pada yang telah dibekukan. Tetapi pentin g diketahui bahwa makanan beku masih lebih baik dari makanan yang telah dikalengkan, misalnya:

a. Jus buah
b. Jus sayuran
c. Buah kering
d. Kismis
e. Kurma
f. Buah ara
C. Susu dan Produk Olahannya

Yogurt termasuk salah satu produk olahan dari susu, maka harus dipilih makanan yang alami dan tanpa gula. Keju juga merupakan salah satu olahan, untuk itu keju olahan harus dihindari termasuk keju oles karena telah bercampur dengan bahan lainnya.

D. Roti dan Sereal

Pilihlah makanan yang belum diolah seperti:

a. Roti
b. Bubur
c. Makanan kering
d. Biji-bijian
e. Gandum
f. Spageti
g. Beras merah

Dari keempat kelompok makanan ini, pilihlah yang belum disuling seperti roti, nasi, sereal, krispi, biji-bijian, dan jangan lupa sayuran yang segar. Hal ini sebenamya sudah diketahui banyak kalangan, akan tetapi belum dilaksanakan.

Semua orang tahu bahwa telur merupakan makanan yang paling bergizi. Telur adalah benih anak ayam yang belum jadi, dengan demikian di dalam telur tersebut telah terkandung nutrisi bagi pertumbuhan anak ayam. Nutrisi yang ada di telur tersebut sama dengan zat yan g diperlukan dalam menambah kesuburan manusia.

Zat besi agar dapat mengembalikan fertilitas

Kacang-kacangan dan biji-bijian sama bagusnya untuk pertumbuhan manusia. Tetapi harus diingat bahwa kacang kering lebih bagus dari kacan g beku, dan kacang beku lebih bagus dari kacang kaleng. Bagi yang bukan vegetarian dianjurkan untuk mengkonsumsi obat penyubur kandungan ikan minimal sekali seminggu. Ikan sama bergizinya, tak usah memilih-milih. Ikan mahal seperti salmon sama bergizinya dengan ikan tuna misalnya.

Bagi yang menginginkan kesuburan maka vitamin B harus dikonsumsi. Kekurangan asam folic, B6 dan B12 akan berpengaruh terhadap kesuburan. Penting diketahui wanita yang menderita anemia kesuburannya berkurang, untuk itu dianjurkan memakan suplemen zat besi agar dapat mengembalikan fertilitas.
Makanan yang harus dihindari:

a. Makanan olahan, seperti keju olahan dan makanan yang mengandung bahan-bahan tiruan
b. Makanan beku
c. Makanan kemasan
d. Makanan kalcng

Sebaiknya konsumsnlah susu mumi

Jika masnh mcngkonsumsi makanan kaleng sebaiknya konsumsi scdiku mungkin. itupun jika hanya dalam kcadaan darum! saja. Makanan kaleng yang scdikit perubahan kandungan gizinya akibat proses pengalengan adalah ikan tuna. sardmc, tomat dan nanas. Demikian juga, batasi mcnggunakan sayuran kaleng, snack asin kacang, minyak terhidrogenasi, roti putih. lepung putih. Jangan banyak mcmdkan makanan yang terbuat dari tepung, scpcni kue dan biskuit pudding instan serta sereal manis. DlanJurkan juga susu kaleng jangan dikonsumsi, sebaiknya konsumsnlah susu mumi.

Buah arbei tidak mengandung hormon, akan tetapi makanan ini sangat dikenal untuk menambah kesuburan. Buah ini merangsang penumbuhan obat penyubur kandungan kelenjar di bawah otak yang mcmproduksi hormon progesterone selama minggu kedua siklus haid. Sebenarnya untuk menambah hormon tersedia krim progesterone alami yan g terbuat dari sari ubi rambat untuk digunakan ke kemaluan wanita. Krim ini bisa mcmbantujika hormon menurun pada minggu kedua siklus haid Krim digunakan 12 hari sebelum menstruasi sebanyak seperempat sendok teh, sebaiknya didiskusikan dengan dokter.