Sejumlah kelemahan lain masih ditemukan

Untuk itu, diperlukan perbandingan dengan ekonomi internasional dan sejarah.

Upaya untuk mempertahankan hidup dan pulih dari resesi 1979-1981 sungguh heroik, meski dalam beberapa hal tindakan ini dalam rumusan Thirwall mewakili perkembangan seseorang yang telah jatuh dari tebing' dan mendaki kembali ke puncak Prestasi ekonomi tahun 1980-an barangkali meningkat pesat di atas dekade sebelumnya, namun tidak lebih baik dari tahun 1960-an.

Di saat sama negara-negara Eropa lainnya menunjukkan jasa seo semarang prestasi yang relatif kurang baik, dengan tetap berada pada tingkat yang dicapai tahun 1970-an.

Sejumlah kelemahan lain masih ditemukan.

Tingkat pengembalian untuk bidang manufaktur di Inggris masih di bawah standar internasional ( Inggeris 10 % dibanding 20 % di AS , dan Jepang , 15 % di Jerman Barat dan 13 % di Prancis ) .

Pemulihan di sektor manufaktur lebih lemah dari negara- negara lainnya (lihat gambar 2.2).

Kantor Pengembangan Ekonomi Sebuah Peralihan ekonomi Inggris, sangat jarang.

Karena itu, bagian selanjutnya dari bab ini akan berisi pengalaman keempat sektor utama di ekonomi Inggris Tinjauan yang diberikan pada tiap sektor akan menitikberatkan pada karakteristik perubahan besar pada basis persaingan di tahun 1960-an, 1970-an, dan 1980-an, dilihat dari perspektif tahun 1980-an.

Tindakan yang diambil oleh sejumlah perusahaan untuk menghadapi kondisi persaingan demikian, akan dijelaskan di bab-bab selanjutnya.

Industri Mobil Transisi dari periode mempertahankan permintaan setelah perang, ke masa pergolakan pada tahun 1970-an, telah mengubah karakter persaingan industri mobil di Inggris.

Produksi mobil meningkat dengan faktor 4,5 pada tahun 1950-an.

Sebaliknya, dua dekade berikutnya ditandai dengar pelepasan pasar dan perumusan ulang basis persaingan.

Produsen mobil Inggris kurang diperlengkapi untuk dapat menghadapi tantangan.

Periode 1979-1987 merupakan masa pemulihan yang menyakitkan bagi mereka karena 2 hal: penyusutan permintaan dan penetapan standar prestasi baru yang radikal oleh produsen internasional lain yang beroperasi berdasarkan volume.

Di saat sama, perubahan di Eropa dan industri mobil dunia menimbulkan keraguan mengenai nasib bisnis manufaktur kendaraan yang dikembangkan selama dekade terdahulu, yang didominasi oleh AS Bagi industri dunia yang mengalami peningkatan hasil per tahun, dari 16,2 juta di tahun 1960 menjadi 93,1 juta di tahun 1973, dua kejutan minyak pada tahun 1973-4 dan 1979 menimbulkan trauma, dan bagi industri mobil Inggris khususnya, efeknya menghancurkan.

Permintaan mobil jatuh antara 25 sampai 40 prosen, tergantung segmen pasarnya.

Produsen mobil Inggris masih harus mengatasi kelemahan-kelemahan jangka panjang yang belum terpecahkan ketika kejutan itu melanda.

Kelemahan-kelemahan itu adalah: Bentuk perusahaan yang tidak dirasionalisasi (BL mempunyai 30 unsur pokok pada tahun 1968) kekurangan investasi, otomasi produksi dan pemasaran yang kurang berkembang (lihat Whipp 1990a).

Masalah yang timbul antara lain: produk tidak jasa seo semarang bersaing, kualitas jelek, distribusi lambat, biaya manufaktur tingsgi dan kurangnya hubungan tenaga kerja dari para produsen dalam negeri 81 Sebuah Peralihan Angka ini cocok dengan usaha besar yang dilakukan industri ini, tidak hanya untuk mencapai kendali atas masalah besar yang menyangkut produk dan proses produksi, tapi juga untuk mengubah standar orientasi persaingan.

Peningkatan ini menyembunyikan banyaknya variasi pengalaman perusahaan.

Laporan saham pasar di industri mobil Inggris diperlihatkan di gambar 2.4 Saham pasar VAG GM 100 80 60 40 BMC/BU 20 R/CTALBOT FORD ol 65 89 85 75 B0 Waktu 70 Gambar 2.4 Saham pasar dari sejumlah produsen besar di industri mobil Inggris, 1965- 1989 Sumber.

SMMT Produksi juga didorong oleh munculnya sejumlah produsen baru.

Nissan mengembangkan sebuah pabrik di Washington, di Tyne dan Wear, di sebelah Barat Daya Inggris pada tahun 1986.