Ranking yang Terbaik Bukan jaminan

Masa depan bukan milik anak yang lulus sekolah dengan ranking atau nilai terbaik. Ia adalah milik anak yang mempunyai formula kemenangan paling baik untuk belajar dan gagasan-gagasan teknis yang paling segar. Yang lebih penting ketimbang belajar bagaimana mengerjakan tes untuk mendapatkan ranking terbaik adalah bahwa, seorang anak harus belajar bagaimana belajar yang tepat; belajar bagaimana berubah; dan belajar bagaimana beradaptasi lebih cepat daripada teman-teman sekelasnya.

Mengapa? Karena banyak keterampilan yang akan dibayar besar oleh majikan dan bisnis di masa mendatang tidak diajarkan di sekolah sekarang. Lihat saja iklim jam digital masjid bisnis sekarang ini. Orang yang paling dibutuhkan adalah yang mengerti Web/internet, sebuah topik yang tidak diajarkan di sekolall beberapa tahun yang lalu. Orang yang paling kurang clibutuhkafl adalah orang-orang dari generasi saya, yang menginginkan gaji besar tapi jauh dari sentuhan Abad Informasi.

Kekurangan Pekerja

Aneh rasanya bila kita bicara tentang orang-orang yang akan menjadi usang sementara kita melihat situasi kurangnya pekerja. Saya mempunyai beberapa teman yang tanpa rasa khawatir mengatakan kepada saya, ”Bagaimana jika aku semakin tua dan keterampilan komputerku terbatas? Ada banyak pekerjaan, dan aku dapat menentukan berapa gajiku ke mana pun aku ingin bekerja.”

Kita kekurangan pekerja hanya karena perekonomian kita saat ini berkembang luar biasa. Uang milyaran dollar dipertaruhkan di perusahaan-perusahaan yang dalam beberapa tahun mendatang akan hancur. Ketika banyak perusahaan teknologi baru yang lemah jam digital masjid itu mulai gulung tikar karena kehabisan uang, pasar akan kembali dibanjiri oleh pekerja. Dan ketika perusahaan-perusahaan itu mulai tutup, bisnis yang lain pun akan mulai tutup.

Keberhasilan dan Kegagalan

Untuk memahami dengan baik keberhasilan (boom) yang kita alami sekarang dan kurangnya pekerjaan, sangatlah berguna untuk menengok kembali keberhasilan dan kegagalan beberapa tahun yang lampau.

  1. Pada 1900, ada 485 pabrik mobil. Pada 1908 tinggal separonya. Sekarang hanya 3 dari 485 itu yang secara teknis masih bertahan.
  2. Pada 1983, ada sekitar empat puluh perusahaan komputer di Amerika. Sekarang tinggal empat.
  3. Pada 1983, Burroughs, Coleco, Commodore, dan Zenith ada di jajaran pemimpin dalam teknologi komputer yang sedang bangkit. Sekarang banyak orang muda yang bekerja dalam industri komputer tidak pernah mendengar nama-nama perusahaan itu.
  4. Pesatnya internet saat ini mendorong banyak uang ke dalam pasar. Tetapi apa yang terjadi jika mereka gagal meraih untung dan akhirnya kehabisan uang? Apakah kita akan terus kekurangan pekerja dan terlalu banyak pekerjaan bergaji tinggi?
  5. Teknologi akan merambah ke seluruh penjuru dunia. Hampir setiap negara yang saya kunjungi sampai hari ini mempunyai satu daerah yang disebut ”Lembah Silikon”. Para pesaing anak anda untuk mendapatkan pekerjaan mungkin tidak bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di negara ini-dan mereka jelas tidak akan meminta upah yang sama.