Bahaya Rokok

Demikian halnya dengan rokok yang dipercayai oleh banyak orang di dunia sangat berbahaya bagi kesehatan. Walaupun pada setiap bungkus rokok dicantumkan bahaya rokok bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin, tetapi masih banyak juga orang yang tetap mengonsumsinya. Banyak kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam penanggulangan dampak rokok, tetapi hal itu tidak menghentikan para perokok dari kebiasaannya.

Bahaya rokok tidak sebatas yang tertera obat penyubur kandungan pada bungkusnya. Lebih dari tujuh ribu zat kimia yang terkandung dalam satu batang rokok, 200 di antaranya berdampak memberi kerusakan pada sel di dalam tubuh. Karena itu rokok dapat memicu penyakit kanker yang beragam, sepem kanker paru-paru, emfisema, kanker mulut, pankreas, kandung kemih dan juga kanker rahim. lni sebagian kecil dari fakta bahwa rokok ber. dampak sangat fatal bagi kesehatan. Selain itu bahaya terbesar rokok adalah asap rokok yang tidak dihisap. Karena tidak bisa terjadi pemba. karan tembakau yang sempurna, asap rokok pun mengandung zat-zat yang Iebih berbahaya.

Melihat dari bahaya yang terkandung pada rokok, banyak ulama yang mengeluaran fatwa haram. Pengharaman ini didasarkan pada firman Allah,

“Danjanganlah kamu menjatuhkan ( dirimu sendiri ) ke dalam kebinasaan". (al-Baqarahzl95)
Hanya sebagian kecil ulama saja yang tidak berani mengharamkan, dan mengatakan hukumnya makruh dan ada yang mengatakan mubah. Padahal jika kita teliti Iebih jauh, tidak satu pun ada imam madzhav yang menyatakan demikian, termasuk ulama madzhab panutan di negeri kita, yaitu Imam asy-Syafi'i.

Asap rokok juga membahayakan bagi orang yang obat penyubur kandungan berada di sekitarnya. Ini yang disebut dengan perokok pasif. la tidak merokok tetapi karena berada di dekat orang yang merokok, ia ikut menghirup asap yang yang keluar dari rokok tersebut. Perokok pasif tidak kalah berbahayanya dibandingkan dengan perokok aktif karena mereka menghirup aliran samping (sidestream) dan aliran utama (mainstream). Yang dimaksud aliran samping adalah asap rokok yang berasal dari ujung rokok yang terbakar. Sedangkan aliran utama adalah asap rokok yang telah dihisap oleh perokok, lalu diembuskan kembali ke udara. Kandungan asap rokok yang tersebar ke udara ini sangatlah berbahaya.

Menurut penelitian, ada 4.000 senyawa kimia berbahaya yang terdapat pada asap tembakau tersebut. Di antaranya adalah nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, metanol, amonia, arsenik. Asap rokok dalam konsentrasi tinggi dapat Iebih beracun yaitu memiliki dua kali konsentrasi nikotin dan tar, tiga kali jumlah zat karsinogenik, lima kali kadar karbonmonoksida, dan lima puluh kali jumlah amonia. Sungguh mengerikan, menghirup asap rokok orang Iain (alias menjadi perokok pasif) Iebih berbahaya tiga kali lipat dibandingkan mengisap rokok sendiri (perokok aktif ).

Mengingat bahayanya yang tinggi bagi perokok pasif ini, alangkah zalimnya orang yang merokok di tengah Iingkungan anak dan keluarganya, di dalam kendaraan umum, dan di tempat-tempat umum Iainnya. Secara sadar atau tidak, dia telah mencelakakan orang Iain dengan risiko https://id.wikipedia.org/wiki/Cabang-cabang_biologi yang lebih besar dari dirinya sendiri.